Ical Makan Kelelepon Jokowi Pilih Onde-onde

BANJARMASINPOST, Sepekan sebelum jadwal pelantikannya sebagai presiden, Joko Widodo (Jokowi) melakukan safari politik, menemui pimpinan parpol terutama yangtergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP). Tujuannya, mencairkan ketegangan politik.

Yang kali pertama ditemui adalah Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical). Pertemuan yang dikemas dalam bentuk ngopi bareng itu dilakukan di Rumah Makan Tugu Kunstkring Paleijs di kawasan Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Selasa (14/10).

Setelah Ical siapa yang akan ditemui? Apakah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menjadi pesaingnya saat Pilpres 2014? “Ya satu per satu akan kami temui,” ujar Jokowi.

Mengutip Kompas (induk BPost) yang mendapat informasi dari Tim Transisi, kubu Jokowi-Jusuf Kalla telah menghubungi pihak Prabowo. Namun, belum ada tindak lanjut dari komunikasi itu.

Menyinggung pemilihan Ical sebagai tokoh pertama yang ditemui, Jokowi mengatakan karena yang paling mudah dihubungi dan ditelepon. “Kemarin kami telepon ke Pak Ical, kemudian alhamdulillah sekarang bertemu,” ujar dia.

Jokowi mengatakan komunikasi itu perlu dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat, khususnya dunia usaha dan investor, bahwa pemerintahan baru akan berjalan secara stabil.

Dia tidak menampik masih adanya perseteruan dua kekuatan politik di Indonesia. Namun, Jokowi mengatakan situasi itu bisa dibawa ke arah yang lebih baik dan memberikan solusi. “Di dalam negara demokrasi ini, yang terjadi pada kemarin-kemarin itu adalah hal lumrah, hal biasa,” ujar mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pada pertemuan itu, Jokowi tidak tidak ditemani petinggi PDIP. Dia didampingi Ketua di Tim Transisi Rini Soemarno dan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto. Menanggapi itu, Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah mengatakan, kapasitas Jokowi dalam pertemuan itu adalah presiden terpilih.

“Enam hari lagi dia menjadi presiden Indonesia, bukan presiden PDIP dan presiden Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Itu langkah yang perlu disambut secara posiitif,” ucap dia.

Bukan karena kegagalan lobi elite PDIP? “Saya kira jangan mendikotomikan antara petinggi-petinggi di PDIP. Ini sudah pembagian tugas. Prinsipnya saling melengkapi dan menguatkan,” tegas Basarah.
Ngopi Bareng

Pertemuan Jokowi dan Ical berlangsung sekitar satu jam sejak pukul 16.00 Wita. “Kami hanya ngopi bareng, dibarengi cemilan (makanan ringan) jajan pasar. Pak Jokowi ambil onde-onde, saya kekelepon,” kata Ical.

Ical mengaku memberi beberapa masukan kepada Jokowi, seperti pendekatan kesejahteraan untuk mengatasi masalah di Papua. Dia juga menyarankan adanya pemerataan pembangunan di seluruh pelosok Indonesia.

Tentang koalisi partai, Ical mengatakan tak ada tawaran dari Jokowi. “Pak Jokowi tidak menawarkan, hanya bertanya masih di KMP atau tidak?” ujarnya.

Ical menjawab masih tetap di koalisi pro-Prabowo dan berjanji terus menjadi penyeimbang pemerintahan Jokowi. Dia pun memastikan KMP tidak akan menjegal pemerintah mendatang. Sebaliknya, kalaupun mengritik akan disertai solusi.

“Kami bersepakat bahwa perbedaan pendapat dalam demokrasi adalah suatu hal yang lumrah. Bukan berarti kami mencari permusuhan. Perbedaan pendapat untuk mencari solusi yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ujar Ical.

Dia juga mengaku ingin terus menjalin hubungan yang baik dengan Jokowi dan pemerintahannya. “Saya kira ke depan kalau semua ini, politik itu dapat membuka suatu ruang komunikasi, saya kira Indonesia akan hebat ke depan, akan bagus, luar biasa. Selanjutnya nanti bagaimana supaya hubungan terus baik, sering ketemu meski pendapat berbeda,” tutur Ical.

Sumber: Banjarmasin Post edisi cetak Rabu (15/10/2014) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s