Faktor Line Up

METROBANJAR, BARITO Putera dipastikan akan mempertahankan 11 pemain lamanya untuk menghadapi Kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Nama-nama pemain tersebut sudah dikantongi manajemen Barito namun belum dipublikasikan.

Namun jika melihat ‘tradisi’ Barito di musim sebelumnya, khusus pemain lokal, pemain yang dipertahankan adalah yang mempunyai kontribusi besar buat tim. Parameternya antara lain, yang paling sering masuk tim inti atau masuk line up setiap Barito berlaga.

Hal ini dapat dibuktikan dengan telah dipastikannya beberapa pemain dari 11 pemain tersebut akan dipertahankan manajemen. Misalnya di posisi kiper, Barito dipastikan akan mempertahankan Joko Ribowo dan Aditya Harlan.

Berdasarkan statistik, kedua kiper itu memang memiliki catatan paling bagus dalam hal masuk skuat inti atau line up. Joko Ribowo 12 kali masuk tim inti dan Aditya Harlan 3 kali masuk tim inti serta 1 kali cadangan.

Sedangkan dua kiper lainnya, Dedy Iman tiga kali masuk tim inti dan Syamsidar hanya dua kali masuk tim inti.

Kemudian dua pemain sayap, Dedy Hartono dan Rizky Pora juga sudah diumumkan akan dipertahankan karena memiliki catatan yang bagus karena paling sering masuk line up. Dedy Hartono selalu (20 kali) masuk tim inti dan Rizky Pora 17 kali masuk tim inti, satu kali jadi cadangan. Terlebih keduanya juga selalu langganan masuk pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia Senior.

Dua gelandang, Syahroni dan Amirul Mukminin juga akan dipertahankan karena juga sering masuk skuat inti atau line up. Amirul Mukminin 16 kali masuk tim inti dan 3 kali cadangan, Syahroni 15 kali tim inti dan 3 kali cadangan.

Jika melihat fakta tersebut, untuk lima pemain lainnya yang akan dipertahankan, tentunya tim pelatih dan manajemen Barito akan menggunakan pertimbangan yang sama.

Berdasarkan statistik di musim lalu, Metro memprediksi, pemain lain yang akan dipertahankan Barito adalah Agus Cima (bek kanan), Fathul Rahman (bek kiri), Guntur Ariyadi (stoper) dan Lucky Wahyu (gelandang).

Keempat pemain tersebut termasuk paling sering dipercaya pelatih Barito, Salahudin masuk tim inti dibanding pemain lokal lainnya.

Fakta yang ada Fathul Rahman 19 kali masuk tim inti, Agus Cima 15 kali tim inti, Lucky Wahyu 12 kali tim inti dan 2 kali cadangan serta Guntur Ariyadi 12 kali tim inti dan 2 kali cadangan.

Satu pemain lagi yang diprediksi akan dipertahankan adalah striker, Yongki Aribowo. Memang Yongki hanya 3 kali masuk tim inti, tapi dia dipasang sebagai pemain pengganti sebanyak 16 kali dan menyumbang dua gol buat Barito selama ISL 2014.

Namun, untuk pastinya, nama 11 pemain yang dipertahankan akan diumumkan pada pertengahan bulan ini. Hal ini seperti yang dijanjikan asisten manajer Barito Putera, Syarifuddin Ardasa akhir September lalu.

“Pertengahan Oktober nanti akan kita umumkan siapa saja pemain yang akan dipertahankan untuk musim berikutnya,” kata Syarifuddin kala itu.

Sumber: Metro Banjar edisi cetak Rabu (9/10/2014) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s