Dewan Tunggu Rapat Partai

DPRD Balangan belum dapat membuat keputusan akhir soal nasib Bupati Sefek Effendi dan Wakil Bupati Ansharuddin. Soalnya rapat badan musyawarah (banmus) untuk menentukan jadwal paripurna membahas keputusan akhir, kemarin, urung dilaksanakan. Anggota dewan masih akan mengaji keputusan pembatalan pencalonan keduanya yang dikeluarkan Kamis lalu dengan menggelar rapat intern di masing masing partai.

“Rapat paripurna belum bisa ditentukan soalnya anggota DPRD lagi dipanggil partai masing masing,” kata Ketua DPRD Balangan Zainuddin wilayah untuk ikut rapat intern.    Sementara Syarifuddin yang merupakan calon independen, meminta DPRD Balangan segera melaksanakan rapat banmus untuk menentukan rapat paripurna. Dia berharap dalam rapat tersebut DPRD akan mengusulkan pemberhentian Sefek dan Ansharuddin kepada Mendagri.

“Jangan hanya soal pembatalan tetapi juga pemberhentian,” ujarnya.

Zainuddin mengatakan  anggota DPRD Balangan yang melakukan rapat internal di antaranya dari Partai Golkar. “Golkar hari ini (kemarin) kan rapat di Banjarmasin. Semua anggota DPRDnya dipanggil,” kata Zainuddin.

Anggota dewan dari PPP juga akan menggelar rapat intern. “Kami masih menunggu Ketua DPW PPP Kalsel, Rudy Ariffin yang ada tugas luar,” ujar Zainuddin

Sementara Ketua DPC PBR Balangan yang juga anggota DPRD Balangan Zainal mengungkapkan saat ini pihaknya belum melaporkan permasalahan ke DPW PBR Kalsel. “Saat ini pimpinan PBR berada di luar kota,” kata anggota Komisi III ini.

Zainal mengatakan akan menunggu sikap pimpinan partai. “Kalau ada petunjuk dari pimpinan partai, itu baik lagi. Tapi yang jelas PBR akan mengambil sikap sesuai dengan perundang undangan,” pungkasnya.

Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Kalsel, Murhan Effendie, mengatakan pihak membentuk tim untuk menelaah kasus Segek dan Ansharuddin. Itu setelah mereka rapat di Banjarmasin. Tim selanjutnya menyampaikan masukan kepada Ketua Umum DPD Partai Golkar Kalsel, HA Sulaiman HB. “Kemungkinan hasil telaahan tim rampung Sabtu pagi,” ujarnya.

Sebagai partai pengusung Sefek dan Ansharuddin bersama PPP, Murhan mengatakan Golkar berharap pasangan tersebut dapat menyelesaikan masa jabatannya.

Sementara itu ketua tim yakni Kordinator Wilayah Balangan, Amuntai, Tanjung, Abdul Wahid, mengatakan belum memikirkan apakah nantinya merekomendasikan sanksi atau tidak kepada empat anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Balangan.

Saat ditemui di sela rapat, M Yusuf, Sabirin, Syarifuddin dan M Rafi’i tidak mau berkomentar. Yusuf meminta agar menanyakannya kepada DPD.

Gubernur Rudy Ariffin berharap semua pihak menahan diri, supaya kondisi di Balangan tetap kondusif. Dia juga meminta laporan jajarannya mengenaik kronologis kisruh politik Balangan. “Kalau pemberhentian bupati kan menjadi kewenangan menteri dalam negeri,” katanya yang saat dihubungi berada rapat bersama Menteri Kordinator Perekonomian. (arl/has)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s