Kenalkan Budaya Daerah

KUALAKAPUAS, BPOST – Sejumlah muda mudi berpakaian khas dayak tampak gemulai menarikan tarian Manantilang Sial Kawe Dahiyang Baya.

Tarian ini menggambarkan sekelompok penduduk kampung yang sedang mencari ikan. Mereka larut dalam suasana suka cita karena banyak ikan yang didapat.Tanpa disadari menjelang senja, salah satu penari hilang dibawa mahluk halus. Proses memukul penampi beras atau nyiru dan memukul ranatung dilakukan untuk menolak bala bencana, hingga akhirnya orang hilang tersebut ditemukan kembali.

Tarian yang sarat dengan petuah dan cerita rakyat itu dibawakan dengan indah oleh muda mudi dari sanggar tari Tingang Menteng Pahunjung Tarung, Kapuas. Mereka tampil secara live pada acara kabar budaya atau Kaba di TVRI Kalteng, Kamis (26/1).

Kepala Disporabudpar Kapuas, Raden Ledi Mathias di sela acara mengatakan kegiatan ini guna memperkenalkan kebudayaan Kabupaten Kapuas, khususnya tarian daerah. Untuk itu Pemkab Kapuas mengandeng TVRI Kalteng.

“Para penari adalah dari pelajar SD, SMP dan SMA yang ada di Kapuas. Kami ingin Kabupaten Kapuas lebih dikenal luas apalagi pada 2012 ini Kapuas membuka diri untuk kunjungan wisata,” terangnya. (BPost)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s