Tidak Mungkin Lagi Dibina

BANJARMASIN, BPOST – Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin akhirnya mengumumkan penilaian kepala sekolah, mulai tingkat sekolah dasar hingga menengah atas dan sederajat.

Hasilnya, dari 40 kepala SD yang dinilai, satu kepala SD mendapatkan nilai D. Dia pun langsung diusulkan untuk diturunkan jabatannya menjadi guru.

Kepala SD itu, kata Kabid Dikdas Syarwani, sudah menyandang dua tahun berturut-turut nilai D. Untuk tahun ini, ujarnya, tak diberikan kesempatan lagi. Langsung diusulkan turun jabatan menjadi guru. Sebab, satu tahun dalam masa pembinaan, tak bisa mengubahnya.

“Sudah dua tahun berturut-turut. Kemarin dibina satu tahun tapi tak ada hasilnya,” ujar Syarwani.

Dalam penilaian itu, 15 kepala SD mendapat nilai C. Khusus untuk 15 kepala SD dengan nilai C ini, diusulkan untuk dilakukan pertukaran antara sekolah tersebut, untuk penyegaran.

Parahnya, semua kepala sekolah yang mendapatkan predikat nilai kurang dan sedang itu, merupakan kepala SD Imbas, yakni kriteria SD terbawah, setelah SD RSBI, SN, dan Inti.

Syarwani mengatakan kepala sekolah yang mendapatkan nilai kurang dan sedang karena dianggap tidak memenuhi kriteria penilaian, yakni kemampuan membimbing guru, menyusun program, memotivasi, supervisi, dan menyusun program sekolah.

Untuk kepala SD dengan nilai D, dia mengatakan pihaknya dengan tegas mengusulkan kepala Kadisdik untuk diturunkan jabatannya menjadi guru.

Sementara bagi kepala sekolah yang mendapatkan nilai C, agar bisa ditukar dengan kepala SD yang mendapatkan nilai yang sama untuk penyegaran.

“Untuk yang D itu sudah diusulkan diturunkan jabatannya menjadi guru lagi. Semua tergantung Kadisdik. Untuk yang C kita usulkan ditukar, mungkin saja jenuh di sekolah saat ini, perlu penyegaran,” katanya, Senin (16/1).

Sisanya, satu kepala SD mendapatkan nilai A, dan 23 lainnya mendapatkan nilai B. Sementara untuk SMP, dari sepuluh kepala sekolah yang dinilai, lima kepala sekolah mendapatkan nilai A dan lima mendapatkan nilai B.

Untuk kepala sekolah SMA, dari 11 kepala SMA, delapan mendapatkan nilai A, tiga kepala SMA mendapatkan nilai B.

Untuk SMK, dari enam kepala SMK yang dinilai, lima kepala SMK mendapatkan nilai A dan satu kepala SMK mendapatkan nilai B. (dia)

Dapatkan Berita terkini Kalsel dan kalimantan hanya di Banjarmasinpost.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s