Faqih Jarjani Dinonaktifkan

BANJARMASIN – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menonaktifkan sementara Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Faqih Jarjani.

Keputusan itu diambil karena Faqih sedang menjalani proses persidangan kasus dugaan korupsi biaya perjalanan dinas saat menjadi pimpinan DPRD setempat.

Penonaktifan berlaku sejak 26 November 2010. “Jika yang bersangkutan nantinya banding dan keputusannya bebas, dia berhak dilantik kembali menjadi wakil kepala daerah,” kata Kapuspen Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, kepada BPost, Jumat (3/12) malam.

Bagaimana jika putusan final menyatakan dia bersalah? “Jika itu yang terjadi, yang bersangkutan akan diberhentikan secara permanen,” tegasnya.Saat dihubungi, Faqih mengaku telah menerima kabar tersebut. “Namun, surat resminya belum saya terima,” ujarnya.

Mantan ketua DPRD HST ini mengaku pasrah dan legowo menerima pemberhentian itu.

“Dampak dari putusan hakim adalah nonaktif dari jabatan. Saya menerima itu semua dengan hati yang ikhlas. Putusan penonaktifan itu saya rasa tidak salah. Saya tidak ingin roda pemerintahan terganggu karena yang rugi rakyat,” katan Faqih.

Meski demikian, Faqih menegaskan akan terus melakukan upaya hukum yakni mengajukan banding terhadap vonis 1 tahun yang dijatuhkan majelis hakim terhadap dirinya.

“Saya merasa ada keputusan hakim yan tidak sesuai. Makanya, Selasa (30/11), saya mengajukan banding. Selain itu saya minta para simpatisan jangan berbuat hal yang tidak diinginkan apalagi anarkistis karena itu akan menambah persoalan bagi saya. Tahan diri, jangan terpancing isu,” ujarnya.

Sekretaris Daerah HST IBG Dharma Putra juga mengaku belum menerima surat penonaktifan Faqih. Dia mengatakan meski Faqih nonaktif, roda pemerintahan tidak terganggu. “Semua memiliki fungsi masing-masing. Bila ada yang berhalangan maka ada yang menutupi jadi semua tidak masalah dan pemerintahan pasti tidak akan terganggu,” ucapnya.

Selain itu, Dharma menegaskan, penonaktifan itu bukan berarti memutus hubungan pemerintah daerah dengan Faqih. “Kita masih tetap berkoordinasi. Nonaktif itu bukan berarti pemecatan,” tegasnya. (Banjarmasin Post)

One thought on “Faqih Jarjani Dinonaktifkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s