Bermental Bisnis

SEKRETARIS Dekranasda Kalsel, H Hasan Talahu menilai proses produksi kerajinan sasirangan terlalu lama sehingga sulit memenuhi permintaan masyarakat yang ingin serbacepat dan praktis.  Dengan sistem printing, produksi kain sasirangan bisa seperti kain batik yang mudah didapatkan di berbagai tempat.

“Sangat disayangkan, para perajin hanya memilki mental dagang. Tidak memiliki mental bisnis.

Artinya, habis bikin barang, selesai. Tidak berupaya membesarkan usaha dan bagaimana memahami keinginan pasar,” katanya kepada BPost, kemarin.

Bagi dia, tidak ada hal yang perlu dicemaskan dengan serbuan sasirangan printing. Pasalnya, segmennya pasti berbeda. “Justru yang diharapkan itu tidak ada orang luar yang memproduksi sasirangan dengan teknik printing,” kata Hasan.Hasan juga mengkhawatirkan adanya tindakan meniru atau membuat motif sasirangan. “Tidak dipungkiri, saat ini ada motif yang sudah ditiru. Seperti halnya motif sasirangan gigi haruan dan ombak manimpur. Kami sudah memperingatkan keras produsen bersangkutan agar tidak mengulangi aksi tersebut. Karena itu pula sasirangan perlu dipatenkan,” ucapnya.

Kasi Industri Tekstil Disperindag Kalsel, Ahmad Firdaus menambahkan institusinya intens membina dan melatih para perajin sasirangan agar lebih kretif dan inovatif. “Kami juga selalu mengajak mereka untuk aktif dalam ajang promosi baik di dalam maupun luar negeri,” tegasnya.

Seruan agar perajin tidak takut terhadap serbuan sasirangan printing juga dilontarkan Anggota DPRD Kalsel, Puar Junaidi.

“Printing itu kan hanya mengambil coraknya. Tetap beda, batik yang asli dengan printing. Nah begitu juga dengan sasirangan olahan tangan, tetap memiliki kelas tersendiri. Di sinilah diperlukan kreativitas dan inovasi dari para perajin,” katanya. (Banjarmasin Post)

One thought on “Bermental Bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s