Jelang Festival Keraton Se-Asia Tenggara 2010: Disiapkan Gelar bagi Pemangku Adat

BANJARMASIN, BPOST – Menjelang digelarnya Expo dan Festival Keraton se-Asia Tenggara, yang akan diikuti oleh 15-20 raja-raja di seluruh nusantara, akhir 2010 ini, Keraton Banjar pun berbenah menyiapkan beberapa hal terkait pelaksanaan itu.

Selain itu, penobatan padudusan, raja muda, para pangeran dan gelar lainnya, juga dilakukan pada event yang digelar Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FKSN) dan Lembaga Penelitian Keraton-keraton Nusantara (LP2K).Event yang digelar dua tahun sekali dan digelar selama tujuh hari dan tujuh malam itu melibatkan semua pihak, termasuk pemangku adat seluruh Kalimantan Selatan.

Bertempat di Aula Palimasan Gedung Banjarmasin Post Group Jalan AS Musyaffa Nomor 16 lantai V, Sabtu (23/10), puluhan pemangku adat dari seluruh daerah di Kalsel berkumpul.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Raja Muda Kerajaan Banjar yang dilantik 24 Juli 2010 lalu, Khairul Saleh, beserta beberapa Dewan Penasihat, di antaranya HG Rusdi Effendi AR dan Badarani.

Khairul mengatakan, pertemuan itu membahas tentang bagaimana kriteria bagi pemangku adat atau lainnya bisa diberikan gelar oleh Kerajaan Banjar.

Dia menegaskan tidak akan memilahmilah dalam diberikan gelar. Terpenting yang bersangkutan mau dan mampu mempertanggungjawabkan gelar yang telah diterimanya.

“Rapat ini menunjukkan semua juriah di Kalsel sudah kompak. Saya tidak mau ada suara sumbang yang terdengar setelah kegiatan ini,” tambah Rusdi. (ll)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s